• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Applied Research Grant
      • Startup Grant
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Upaya Agar UMKM Naik Kelas: Beri Pelatihan Manajemen SDM dan Tata Kelola Keuangan

  • Berita
  • 15 Juli 2024, 05.59
  • Oleh : ditpui

Yogyakarta, 13 Juli 2024 – Setelah sukses menyelenggarakan Pelatihan I dan Pelatihan II pada minggu sebelumnya, kini Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melanjutkan komitmennya dalam membantu UMKM naik kelas melalui Pelatihan Online III dengan topik Manajemen SDM dan Tata Kelola Keuangan melalui program Pendampingan Mikro Mandiri 2024. Pelatihan ini diadakan pada Sabtu (13/7) secara daring dan dihadiri oleh 1.200 pelaku usaha mikro.Pelatihan diadakan untuk tujuh sektor usaha, yaitu Ekonomi Kreatif, Fashion, Home Decor, Kuliner, Pariwisata, Perikanan dan Peternakan, serta Pertanian dan Perkebunan.

Pelatihan ketiga ini membahas tentang Manajemen SDM dan Tata Kelola Keuangan pada UMKM. Pada aspek Manajemen SDM, topik yang dibahas meliputi rekrutmen dan seleksi karyawan yang tepat, pengembangan dan pelatihan karyawan, penilaian kinerja dan pemberian reward, serta membangun budaya kerja yang positif. Sedangkan untuk Tata Kelola Keuangan, materi yang disampaikan mencakup pencatatan keuangan yang rapi dan akurat, analisis keuangan untuk pengambilan keputusan, strategi pengelolaan modal dan arus kas. Materi disampaikan oleh para ahli di bidang SDM dan keuangan, dengan dipandu oleh fasilitator program. Antusiasme peserta terlihat jelas dari sesi tanya jawab dan diskusi yang aktif.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan sistem manajemen SDM yang efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan dan mengelola keuangan usaha dengan baik dan transparan, sehingga meningkatkan profitabilitas dan daya saing usaha. Setelah pelatihan ini, peserta akan dikurasi berdasarkan keaktifan selama pelatihan pertama hingga ketiga dan prospek bisnis mereka. Peserta yang terpilih akan mendapatkan pendampingan intensif dari mentor profesional sesuai dengan sektor masing-masing. Pendampingan ini bertujuan untuk membantu peserta dalam mengimplementasikan materi pelatihan dan mengembangkan usaha mereka.

Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2024 diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam mengelola usaha, meningkatkan daya saing dan produktivitas usaha, serta naik kelas ke jenjang usaha yang lebih tinggi. Kemenkop UKM berkomitmen untuk terus mendukung UMKM dalam upaya mereka untuk berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Simak informasi penyelenggaraan program Mikro Mandiri 2024 di website mikromandiri.id, email halo@mikromandiriofficial.id, dan hotline +62 823 2565 3741

Tags: KemenkopUKM Mikro Mandiri UGM

Related Posts

Startup Fumalife dan Angkut Ternak Bersinar di Meet The Investors #2: Kolaborasi UGM dan APKJ Membuka Peluang Baru

Berita Kamis, 22 Mei 2025

Pada tanggal 17-18 Mei 2025, kegiatan Meet The Investors #2 yang diselenggarakan di GIK UGM menjadi ajang bagi para startup untuk mempresentasikan ide dan produk mereka kepada para investor.

Kick Off โ€“ Intellectual Property Management Office UGM

Berita Senin, 19 Mei 2025

Comitee

:

IPMO UGM

Location

:

http://bit.ly/Zoom-FDF2025

Date

:

Selasa, 20 Mei 2025

KICK OFF UGM Intellectual Property Management Office (IPMO) Protecting and Catalyzing Innovation โœจ

Universitas Gadjah Mada proudly presents the official launch of the Intellectual Property Management Office (IPMO UGM) โ€” a strategic step to strengthen innovation, research protection, and intellectual property development across academic and scientific communities.

๐Ÿ“… Tuesday, May 20, 2025
๐Ÿ•› 12:00 โ€“ 15:00 WIB
๐Ÿ”— Join us via Zoom: https://bit.ly/Zoom-FDF2025

๐ŸŽ™๏ธ Speakers:

  • Dra.

Future Deeptech Forum (FDF) 2025

Berita Senin, 19 Mei 2025

Comitee

:

IPMO UGM

Location

:

bit.ly/FDF-25

Date

:

Selasa, 20 Mei 2025

Join us for a virtual event connecting deeptech leaders from Southeast Asia and Korea, including startups, researchers, industry and experts!

๐Ÿ—“๏ธ Tuesday, May 20, 2025
๐Ÿ•— 10:00 a.m.

Kunjungan Plt. Direktur Bina Talenta, Dirjen Ristek Dikti Sains dan Teknologi ke STP UGM

Berita Rabu, 26 Maret 2025

Pada tanggal 18 Maret 2025, Dr. Karlisa Priandana, S.T., M.Eng., Plt.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada