• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Hibah Pengembangan Inovasi
      • Startup Grant 2025
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Kemenkop UKM Bagikan Strategi Pemasaran Konvensional & Digital Melalui Pelatihan Mikro Mandiri 2024

  • Berita
  • 9 Juli 2024, 05.53
  • Oleh : ditpui

Yogyakarta, 6 Juli 2024 — Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) kembali  merealisasikan komitmen transformasi UMKM naik kelas dengan diadakannya “Pelatihan Online II: Pemasaran Konvensional & Digital” pada Sabtu (6/7) secara daring. Pelatihan ini menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2024 yang merupakan program kolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mikro Mandiri 2024 telah memasuki tahap pelatihan awal untuk 1200 peserta hasil kurasi dari 2578 pendaftar yang berasal dari 7 sektor UMKM yaitu sektor Ekonomi Kreatif, Fashion, Home Decor, Kuliner, Pariwisata, Perikanan dan Peternakan, serta Pertanian dan Perkebunan. Program ini memiliki rangkaian pelatihan daring (enrichment), pendampingan daring (sprint), dan pendampingan luring.

Berbeda dengan pelatihan pertama yang membahas tentang manajemen operasional dan inovasi produk, pelatihan kali ini berfokus pada bahasan strategi pemasaran baik secara konvensional maupun digital. Topik tersebut memuat dua aspek yaitu cara memilih saluran pemasaran yang tepat dan juga cara meningkatkan kesadaran merek produk yang disampaikan oleh dua trainers pada setiap masing-masing sektor. Seluruh kegiatan dalam pelatihan dipandu dengan adanya fasilitator program.

Semangat yang terus menyala dari para peserta pelatihan kali ini dapat dilihat dari antusiasme peserta saat sesi tanya jawab dan keaktifan dalam menanggapi pertanyaan sepanjang pelatihan berlangsung. Ruang pelatihan yang dibagi sesuai sektor ini memudahkan peserta dalam memahami pembahasan yang sudah dikerucutkan sesuai bidang sektor usaha masing-masing. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan cara analisis pemilihan saluran pemasaran yang tepat dan menerapkan strategi meningkatkan kesadaran merek untuk produk usahanya masing-masing.

Tak hanya berfokus dalam penyampaian materi, pelatihan ini juga turut mengadakan sesi pre-test, diskusi, dan post-test sebagai sarana pelaku UMKM dalam menyiapkan diri untuk berprogres. Sesi pre-test dilakukan sebelum penyampaian materi, sedangkan sesi post-test dilakukan setelah sesi diskusi. Seluruh sesi interaktif dari sisi trainers, pelaku UMKM, dan fasilitator menjadi wujud sinergitas bersama akan pentingnya mendongkrak andil UMKM dalam menopang perekonomian nasional.

Pelatihan ini akan berlanjut di hari Sabtu (13/7) mendatang dengan tema yang tak kalah menarik yaitu “Manajemen SD dan Keuangan” sekaligus menjadi Pelatihan Online terakhir. Kemudian setelah tahap Pelatihan Online rampung, peserta akan disaring kembali untuk dapat melaju ke tahap selanjutnya yaitu Pendampingan Online dan Offline yang tentunya akan berisi kegiatan-kegiatan menarik lainnya guna mendampingi para peserta mengembangkan usahanya. Dengan serangkaian Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2024, peserta yang dalam hal ini adalah pelaku UMKM diharapkan memiliki bekal untuk meningkatkan usahanya dan membuat usaha mereka naik kelas.

Simak informasi penyelenggaraan program Mikro Mandiri 2024 di website  mikromandiri.id, email halo@mikromandiriofficial.id, dan hotline +62 823 2565 3741

Tags: KemenkopUKM Mikro Mandiri UGM

Related Posts

Startup Fumalife dan Angkut Ternak Bersinar di Meet The Investors #2: Kolaborasi UGM dan APKJ Membuka Peluang Baru

Berita Kamis, 22 Mei 2025

Pada tanggal 17-18 Mei 2025, kegiatan Meet The Investors #2 yang diselenggarakan di GIK UGM menjadi ajang bagi para startup untuk mempresentasikan ide dan produk mereka kepada para investor.

Kick Off – Intellectual Property Management Office UGM

Berita Senin, 19 Mei 2025

Comitee

:

IPMO UGM

Location

:

http://bit.ly/Zoom-FDF2025

Date

:

Selasa, 20 Mei 2025

KICK OFF UGM Intellectual Property Management Office (IPMO) Protecting and Catalyzing Innovation ✨

Universitas Gadjah Mada proudly presents the official launch of the Intellectual Property Management Office (IPMO UGM) — a strategic step to strengthen innovation, research protection, and intellectual property development across academic and scientific communities.

📅 Tuesday, May 20, 2025
🕛 12:00 – 15:00 WIB
🔗 Join us via Zoom: https://bit.ly/Zoom-FDF2025

🎙️ Speakers:

  • Dra.

Future Deeptech Forum (FDF) 2025

Berita Senin, 19 Mei 2025

Comitee

:

IPMO UGM

Location

:

bit.ly/FDF-25

Date

:

Selasa, 20 Mei 2025

Join us for a virtual event connecting deeptech leaders from Southeast Asia and Korea, including startups, researchers, industry and experts!

🗓️ Tuesday, May 20, 2025
🕗 10:00 a.m.

Kunjungan Plt. Direktur Bina Talenta, Dirjen Ristek Dikti Sains dan Teknologi ke STP UGM

Berita Rabu, 26 Maret 2025

Pada tanggal 18 Maret 2025, Dr. Karlisa Priandana, S.T., M.Eng., Plt.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada