• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Hibah Pengembangan Inovasi
      • Startup Grant 2025
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Founders’ Meetup: Market Research and Product Validation Startup

  • Berita
  • 10 Agustus 2020, 09.00
  • Oleh : ditpui

Ide untuk memulai bisnis sering disertai dengan pertanyaan mengenai apakah produk maupun jasa yang dihasilkan akan diterima oleh pasar. Jika bisnis tidak berjalan seperti yang diharapkan, maka pertanyaan berikutnya yang akan muncul apakah ada kesalahan yang telah dilakukan selama menjalankan bisnis. Satu hal yang tidak boleh terlewat dalam mempersiapkan bisnis adalah melakukan riset mengenai pasar dan konsumen.

Digitalisasi mendorong pertumbuhan startup di Indonesia, sayangnya tidak banyak startup yang mencapai tahap sustain. Salah satu alasannya adalah tidak mengenal konsumen maupun market dengan baik. Tidak semua startup mengetahui bagaimana melakukan market research yang benar atau memahami kebutuhan pasar dan langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam melakukan approach kepada konsumen. Akibatnya, beberapa startup tersebut belum mampu mengembangkan bisnisnya secara optimal. Oleh karena itu, market research menjadi penting untuk bisa menyesuaikan dan menentukan strategi yang perlu dibuat agar perusahaan bisa bertahan dan berkembang.

Untuk sebuah bisnis startup, market research akan sangat membantu dan menentukan apakah bisnis yang dijalankan akan sukses atau tidak, karena market research tetap akan selalu berhubungan dengan apa yang pelanggan butuhkan. Market Research juga dapat menjadi faktor kunci yang digunakan dalam mempertahankan daya saing dibanding pesaing dan berguna dalam  memberikan informasi penting untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar, ukuran pasar dan persaingan.

Startup memiliki opportunity menikmati sebuah kesuksesan yang lebih besar ketika mampu menguji dan melakukan validasi terhadap ide bisnisnya. Berbagai cara dapat ditempuh, salah satunya dengan berinteraksi dengan orang lain dan menanyakan sebuah pertanyaan yang tepat agar dapat mengetahui apakah ide bisnis yang dimiliki mampu menyelesaikan suatu problem. Risiko terbesar dalam mengembangkan sebuah produk adalah ketika mendesain suatu produk yang salah. Hal ini dapat menghabiskan effort dan waktu dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengetahui produk yang dikembangkan tidak akan sukses. Melakukan validasi dari sebuah produk tidak mudah, bahkan ketika berhasil melakukan validasi belum tentu ide tersebut dapat

 

menghasilkan income. Validasi merupakan langkah awal dari kesuksesan produk yang dikembangkan. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan output dimana startup dapat mempelajari mengenai bagaimana melakukan market research dan product validation dengan efektif serta dapat mengaplikasikannya pada bisnisnya masing-masing. (PUI, Where Innovation Grows)

Tags: DITPUI innovation academy UGM Science Techno Park webinar

Related Posts

TAM x UGM Science Techno Park

TAM x UGM Science Techno Park: Membangun Inovasi Melalui Kolaborasi dan Benchmarking

Berita Selasa, 20 Agustus 2024

PT. Toyota-Astra Motor (TAM), sebagai distributor utama merek Toyota di Indonesia, menunjukkan komitmennya dalam menghadapi tantangan bisnis yang dinamis dengan berupaya untuk terus berinovasi.

UGM Memperoleh Penghargaan Program Dana Padanan Tertinggi Kategori PTNBH Tahun 2024

Berita Selasa, 23 Juli 2024

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih prestasi gemilang dalam pengelolaan Program Dana Padanan (PDP) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Recap Innovation Insight & Expo Matching Fund 2022

Berita Senin, 16 Januari 2023

Dalam rangka menjembatani pengembangan dan penerapan IPTEK atau rekacipta yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan orientasi mendukung kebutuhan teknologi dan pengembangan di industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia meluncurkan program Matching Fund.

Sesi Webinar GAMA-Kids oleh Universitas Gadjah Mada pada Ritech Expo 2021

Ritech Expo 2021 : UGM Memperkenalkan Inovasi Alat Deteksi Stunting – GAMA-Kids

Berita Selasa, 23 November 2021

Pada 12 November 2021 lalu, UGM berpartisipasi di Ritech Expo 2021 dengan mengadakan webinar mengenai produk inovasinya.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada