• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Hibah Pengembangan Inovasi
      • Startup Grant 2025
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Rekrutmen Tenaga Mahasiswa Paruh Waktu Direktorat Pengembangan Usaha Periode Agustus – Desember 2025

  • Berita
  • 17 Juli 2025, 02.22
  • Oleh : roni_arifia

A. Persyaratan Umum:

  1. Mahasiswa aktif UGM jenjang Diploma (Sekolah
    Vokasi)/Sarjana/Pascasarjana.
  2. Minimal Mahasiswa semester 6 (enam) bagi jenjang
    Diploma dan Sarjana. 
  3. Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal
    yang baik.
  4. Tidak sedang/akan mengikuti magang, Program Merdeka
  5. Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  6. Memiliki waktu minimal 4 jam/hari (5 hari kerja).
  7. Bersedia bekerja dengan sistem kontrak 5 bulan. 
  8. Perpengalaman mengelola acara workshop, seminar dan sejenisnya.
  9. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris pasif maupun aktif lebih disukai.

  B. Persyaratan Khusus:

·         Subdirektorat: Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi

  1. Posisi                             : Tim Asisten Bidang Inkubasi
    Kode Posisi                     : Inkubasi
    Jumlah                            : 2 (dua) orang

Persyaratan Khusus      :

    1. Berasal dari departemen atau program studi apapun 
    2. Memiliki kemampuan desain grafis dan presentasi (minimal platform Canva/Corel Draw/Smartmockup)
    3. Memiliki kemampuan dalam pengolahan data analisis bisnis, familiar atau memiliki adaptasi tinggi untuk mempelajari/menyusun kelayakan usaha.
    4. Memiliki minat dan kemauan belajar tinggi untuk mengoperasikan situs website berbasis wordpress baik secara teknis maupun penyusunan artikel berita di www.ditpui.ugm.ac.id
    5. Menguasai operasi komputer Ms Excel, Ms Word, dan Ms PowerPoint, Googleslide, Googledoc, Googlespreadsheet, terutama pengelolaan database seperti VLOOKUP, HLOOKUP, INDIRECT, QUERY. 
    6. Tidak sedang Magang, KKN, Organisasi Mahasiswa dan aktivitas lain.
    7. Sistem bekerja hybrid : dapat daring atau luring sesuai kebutuhan.

Job Description:

    1. Menyusun dokumen analisis kelayakan usaha, analisis bisnis, analisis pasar, valuasi secara periodikal.
    2. Menyusun panduan hibah dan membantu penyelenggaraan hibah.
    3. Membantu penyelenggaraan program-program inkubasi produk teknologi sehari-hari.
    4. Membantu menjadi kontributor pemberitaan kegiatan melalui situs website kelolaan internal Direktorat Pengembangan Usaha dan tingkat nasional secara periodikal.

·         Subdirektorat: Pengelolaan dan Pembinaan Usaha

2.        Posisi                            : Tim Asisten Bidang Akselerasi Inovasi & Perusahaan Pemula

Kode Posisi                  : Inovasi

Jumlah                         : 2 (dua) orang

Persyaratan Khusus      :

    1. Menguasai operasi komputer Ms Excel, Ms Word, dan Ms PowerPoint, Trello, Asana, Canva, Figma, Adobe Creative Family, WordPress.
    2. Mempunyai kemampuan desain grafis, editing video dan presentasi.
    3. Mempunyai kemampuan networking dan kemampuan komunikasi.
    4. Bersedia kerja sesuai dengan target.
    5. Memiliki pengalaman dalam mengolah dan mengelola database.
    6. Tidak sedang Magang, KKN, Organisasi Mahasiswa dan aktivitas lain.
    7.  Memiliki kemampuan menyusun berita publikasi dan mengelola konten sosial media.

 

Job Description:

    1. Mengelola dan mengupdate database Startup.
    2. Membantu terselenggaranya program inkubasi startup.
    3.  Mengkonsep konten sosial media Innovative Academy diantaranya Instagram, Website, Linkedin, dan Youtube.
    4. Membuat desain konten sosial media dan kegiatan-kegiatan Innovative Academy.
    5. Melakukan kontak dan koordinasi dengan startup, mentor dan atau mitra Innovative Academy UGM terkait program inkubasi startup.
    6.  Melakukan penjadwalan seleksi dan mentoring startup.
    7. Mendampingi mentor dalam kegiatan inkubasi dan mentoring startup.

3.        Posisi                           : Tim Asisten Bidang Pengelolaan Unit Usaha

Kode Posisi                  : PU

Jumlah                         : 1 (satu) orang

Persyaratan Khusus      :

    1. Mahasiswa dari jurusan Manajemen Konsentrasi Keuangan (1 orang).
    2. Menguasai operasi komputer Ms Excel/Google Sheet, Ms Word/Google Docs, Ms PowerPoint/Google Slides, dan Canva/Figma.
    3.  Memiliki kemampuan dalam memahami manajemen keuangan (IRR, NPV, dll.)
    4.  Diutamakan memiliki kemampuan dalam melakukan penilaian bisnis (business plan, market size, feasibility study).

Job Description:

    1.  Membantu menyiapkan bahan/data yang diperlukan dalam pengelolaan Unit Kegiatan Usaha Universitas Gadjah Mada.
    2. Membantu menyiapkan bahan/data yang diperlukan untuk penyusunan laporan bidang pengembangan usaha.
    3. Membantu melakukan identifikasi, pembaruan, penginputan, dan/atau penstatusan data di bidang pengembangan usaha pada website dan sosial media yang digunakan.
    4.  Membuat proyeksi bisnis, business plan, market size, dan feasibility study.
    5. Membantu menjadi kontributor pemberitaan kegiatan Direktorat Pengembangan Usaha.

C. Tahapan Proses Seleksi:

I.      Pendaftaran                : 21 Juli – 25 Juli 2025

II.    Seleksi Administrasi   : 26 Juli – 27 Juli 2025

III.   Seleksi Wawancara    : 28 Juli – 30 Juli 2025

D. Kelengkapan Dokumen Persyaratan

  1. Surat lamaran dengan menyebutkan kode posisi yang diminati, ditujukan kepada:
    Direktur Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada
    Jl. Tevesia B11-12, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta
  2. Curriculum Vitae (CV) terbaru
  3. Pas foto terbaru
  4. Transkrip Nilai
  5. Scan KTP dan KTM
  6.  Portofolio yang sesuai dengan bidang yang dilamar, dapat berupa tautan video, desain, dan lain-lain.

Seluruh berkas diunggah melalui tautan http://ugm.id/OprecParwak2025 selambatnya hari Jumat, 25 Juli 2025 pukul 16.00 WIB. Pelamar yang dinyatakan lolos administrasi akan diundang untuk mengikuti tes wawancara di Direktorat Pengembangan Usaha UGM pada tanggal yang ditentukan oleh panitia seleksi.

Related Posts

Pertamina Apresiasi “5 Years of Impact Award” kepada 11 Universitas

Berita Senin, 14 Juli 2025

Jakarta, 10 Juli 2025 – Pertamina memberikan apresiasi “5 Years of Impact Award” kepada 11 perguruan tinggi TOP Pertamuda Tahun 2021-2024, dalam peluncuran program Pertamina Goes To Campus (PGTC) 2025 pada Kamis,10 Juli 2025, di Grha Pertamina.

Pertamuda adalah kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa yang diadakan oleh Pertamina, bertujuan untuk memperluas implementasi SDGs (Sustainable Development Goals) dan inovasi pada sektor energi, mendorong perusahaan rintisan di Indonesia untuk meningkatkan dan memberikan peluang bagi Startup untuk bertemu dengan akses permodalan.

UGM Gelar Review Mission PRIMESTeP 2025 untuk Perkuat Inovasi dan Hilirisasi Riset

Berita Senin, 30 Juni 2025

Yogyakarta, 30 Juni 2025 — Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan Review Mission Meeting Program Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technology Parks Project (PRIMESTeP) di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM.

Perkuat Kolaborasi Industri Herbal dan Kosmetik, UGM Jalin Kerja Sama dengan PT Martina Berto dan PT Global Edukasi Talenta Inkubator

Berita Rabu, 11 Juni 2025

Yogyakarta, 10 Juni 2025 – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penghiliran inovasi, khususnya di bidang herbal dan kosmetika melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Martina Berto Tbk dan PT Global Edukasi Talenta Inkubator (GETI)/ Exporthub.id Ecosystem.

UGM dan MIT Dorong Produk Riset Sampai ke Tangan Masyarakat

Berita Senin, 2 Juni 2025

Universitas Gadjah Mada menjalin kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology, Regional Entrepreneurship Acceleration Program (MIT-REAP) dalam kerangka mendorong hilirisasi riset teknologi mendalam.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada