• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Hibah Pengembangan Inovasi
      • Startup Grant 2025
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

MOTION GRAPHIC WORKSHOP: MEDIA PROMOSI STARTUP

  • Berita
  • 15 November 2016, 09.16
  • Oleh : admin

Motion graphic didefinisikan secara sederhana sebagai gambar bergerak. Motion graphic dianggap paling cocok untuk media promosi startup, karena biaya pembuatannya dapat dijangkau oleh perusahaan rintisan. Keuntungan lain bagi startup yang menggunakan motion graphic adalah tampilannya yang menarik dan simple. Innovative Academy sebagai wadah bagi startup-startup hasil inkubasi dari Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi (Dit.PUI) UGM harus berada di barisan terdepan dalam hal pengembangan kreativitas termasuk diantaranya dengan memanfaatkan motion graphic sebagai media promosi.

Workshop pengenalan Motion Graphic diadakan selama dua hari berturut-turut, pada tanggal 12 dan 13 November 2016, yaitu hari Sabtu dan Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lokasi kegiatan berada di Gedung Entrepreneur Development Service (EDS), Jalan Asem Kranji Blok K-7, Sekip, Yogyakarta.

Bagi startup, menggunakan motion graphic menjadi penting dalam pemasangan iklan atau media promosi di media sosial, karena tidak dikenakan biaya. Lain halnya, jika menggunakan media televisi, video per detik yang ditayangkan harus diperhitungkan dengan baik, karena berbayar. Selain itu, yang menjadi keunggulan motion graphic sebagai media promosi adalah pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan, tidak hanya dalam bentuk audio saja, tetapi dapat berupa audio visual.

Seorang desainer, harus mampu menarik calon konsumen yang menyaksikan motion graphic, agar terpikat dengan video yang ditayangkan dan tergelitik menelusuri produk-produk yang ditawarkan, demi membangkitkan rasa ingin tahunya mengunjungi website resmi startup.

Proses pengerjaan motion graphic yang disarankan oleh Gata Mahardika, harus melalui kerangka berpikir sebagai berikut: proses penulisan script oleh copy writer. Kemudian pembuatan story board, disajikan oleh story board artist dan desain animasi yang dikreasikan oleh seorang animator. Dalam penggarapan motion graphic, faktor yang perlu diperhatikan oleh seorang desainer adalah durasi waktu. Lamanya penayangan motion graphic, dibuat sedemikian rupa hingga efisien, untuk mempertahankan esensi video dari rasa bosan penonton yang menyaksikan motion graphic.

Bikin video jangan kepanjangan, yang penting pesannya sampai ke penonton” ungkap ilustrator dan filmmaker Studio Ruci, Gata Mahardika. Menurutnya, waktu 15 detik pertama pada tayangan motion graphic adalah pertaruhan hidup dan matinya suatu karya untuk mengambil hati calon konsumen.

Peserta workshop adalah startup-startup Innovative Academy, yaitu Bantu Ternak, Handle dan Wemary.com untuk membuat output motion graphic yang akan dipresentasikan pada hari terakhir workshop. Peserta yang hadir, dikelompokan menjadi tiga grup, yang akan memproduksi dan menayangkan motion graphic dari ketiga startup Innovative Academy yang berbeda.

Related Posts

Rekrutmen Tenaga Mahasiswa Paruh Waktu Direktorat Pengembangan Usaha Periode Agustus – Desember 2025

Berita Kamis, 17 Juli 2025

A.

Pertamina Apresiasi “5 Years of Impact Award” kepada 11 Universitas

Berita Senin, 14 Juli 2025

Jakarta, 10 Juli 2025 – Pertamina memberikan apresiasi “5 Years of Impact Award” kepada 11 perguruan tinggi TOP Pertamuda Tahun 2021-2024, dalam peluncuran program Pertamina Goes To Campus (PGTC) 2025 pada Kamis,10 Juli 2025, di Grha Pertamina.

Pertamuda adalah kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa yang diadakan oleh Pertamina, bertujuan untuk memperluas implementasi SDGs (Sustainable Development Goals) dan inovasi pada sektor energi, mendorong perusahaan rintisan di Indonesia untuk meningkatkan dan memberikan peluang bagi Startup untuk bertemu dengan akses permodalan.

UGM Gelar Review Mission PRIMESTeP 2025 untuk Perkuat Inovasi dan Hilirisasi Riset

Berita Senin, 30 Juni 2025

Yogyakarta, 30 Juni 2025 — Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan Review Mission Meeting Program Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technology Parks Project (PRIMESTeP) di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM.

Perkuat Kolaborasi Industri Herbal dan Kosmetik, UGM Jalin Kerja Sama dengan PT Martina Berto dan PT Global Edukasi Talenta Inkubator

Berita Rabu, 11 Juni 2025

Yogyakarta, 10 Juni 2025 – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penghiliran inovasi, khususnya di bidang herbal dan kosmetika melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Martina Berto Tbk dan PT Global Edukasi Talenta Inkubator (GETI)/ Exporthub.id Ecosystem.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada