Yogyakarta, 6 Juli 2024 — Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) kembali merealisasikan komitmen transformasi UMKM naik kelas dengan diadakannya “Pelatihan Online II: Pemasaran Konvensional & Digital” pada Sabtu (6/7) secara daring. Pelatihan ini menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2024 yang merupakan program kolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).
Mikro Mandiri 2024 telah memasuki tahap pelatihan awal untuk 1200 peserta hasil kurasi dari 2578 pendaftar yang berasal dari 7 sektor UMKM yaitu sektor Ekonomi Kreatif, Fashion, Home Decor, Kuliner, Pariwisata, Perikanan dan Peternakan, serta Pertanian dan Perkebunan. Program ini memiliki rangkaian pelatihan daring (enrichment), pendampingan daring (sprint), dan pendampingan luring.
Berbeda dengan pelatihan pertama yang membahas tentang manajemen operasional dan inovasi produk, pelatihan kali ini berfokus pada bahasan strategi pemasaran baik secara konvensional maupun digital. Topik tersebut memuat dua aspek yaitu cara memilih saluran pemasaran yang tepat dan juga cara meningkatkan kesadaran merek produk yang disampaikan oleh dua trainers pada setiap masing-masing sektor. Seluruh kegiatan dalam pelatihan dipandu dengan adanya fasilitator program.
Semangat yang terus menyala dari para peserta pelatihan kali ini dapat dilihat dari antusiasme peserta saat sesi tanya jawab dan keaktifan dalam menanggapi pertanyaan sepanjang pelatihan berlangsung. Ruang pelatihan yang dibagi sesuai sektor ini memudahkan peserta dalam memahami pembahasan yang sudah dikerucutkan sesuai bidang sektor usaha masing-masing. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan cara analisis pemilihan saluran pemasaran yang tepat dan menerapkan strategi meningkatkan kesadaran merek untuk produk usahanya masing-masing.
Tak hanya berfokus dalam penyampaian materi, pelatihan ini juga turut mengadakan sesi pre-test, diskusi, dan post-test sebagai sarana pelaku UMKM dalam menyiapkan diri untuk berprogres. Sesi pre-test dilakukan sebelum penyampaian materi, sedangkan sesi post-test dilakukan setelah sesi diskusi. Seluruh sesi interaktif dari sisi trainers, pelaku UMKM, dan fasilitator menjadi wujud sinergitas bersama akan pentingnya mendongkrak andil UMKM dalam menopang perekonomian nasional.
Pelatihan ini akan berlanjut di hari Sabtu (13/7) mendatang dengan tema yang tak kalah menarik yaitu “Manajemen SD dan Keuangan” sekaligus menjadi Pelatihan Online terakhir. Kemudian setelah tahap Pelatihan Online rampung, peserta akan disaring kembali untuk dapat melaju ke tahap selanjutnya yaitu Pendampingan Online dan Offline yang tentunya akan berisi kegiatan-kegiatan menarik lainnya guna mendampingi para peserta mengembangkan usahanya. Dengan serangkaian Program Pendampingan Usaha Mikro Mandiri 2024, peserta yang dalam hal ini adalah pelaku UMKM diharapkan memiliki bekal untuk meningkatkan usahanya dan membuat usaha mereka naik kelas.
Simak informasi penyelenggaraan program Mikro Mandiri 2024 di website mikromandiri.id, email halo@mikromandiriofficial.id, dan hotline +62 823 2565 3741