• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Applied Research Grant
      • Startup Grant
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Founders’ Meetup: Super Mentor Session with Achmad Zaky

  • Berita
  • 20 Juli 2020, 09.00
  • Oleh : ditpui

Bukalapak sebagai salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia telah menjadi aplikasi jual beli online yang mampu menghubungkan jutaan pembeli dan pelapak di seluruh Indonesia. Melalui misinya untuk dapat memberdayakan UKM yang ada di Indonesia, Bukalapak telah memiliki sekitar 5 juta mitra Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, sehingga diharapkan dapat ikut serta membantu Pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky yang merupakan lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama dua orang rekannya, Bukalapak harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan pada masa-masa awal pengembangannya hingga dapat meraih kesuksesan saat ini. Perjuangan yang dilakukan oleh Zaky selaku founder Bukalapak pun diwarnai dengan perjuangan keras yang tak kenal lelah. Perjalanan tak mengenakkan, cerita sedih dan penolakan yang ia dapatkan justru semakin membuatnya bersemangat untuk terus mengembangkan bisnis Bukalapak. 

Seiring perjalanan waktu, bisnis Bukalapak pun terus membesar hingga mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator, perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group setelah kurang lebih setahun menjalankan operasionalnya. Pada tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu. Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures pada tahun 2014. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, pada tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi smartphone pada Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan tanggal 3 Juli 2014, aplikasi tersebut telah di download oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak. Hal ini membuat investor asing mulai banyak melirik Bukalapak. Pada bulan Februari 2015, Bukalapak menerima pendanaan seri B dari KMK Online dibawah PT Elang  Mahkota Teknologi Tbk. (EMTEK Group) sebagai Lead Investor dalam pendanaan tersebut.

Kucuran dana Bukalapak juga terus mengalir, dari anak perusahaan Alibaba yaitu, Ant Financial senilai US$1,1 miliar pada bulan Agustus 2017. Awal tahun 2019, Bukalapak kembali mendapat pendanaan dari Investor Korea Selatan , Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund yang menyuntikkan dana senilai US$50 juta.

Melalui kerja keras, usaha pantang menyerah dan kunci sukses yang diterapkan seperti keberanian, tujuan dan pengembangan inovasi atau ide kreatif, Bukalapak saat ini mampu menempati peringkat tujuh website di Indonesia dan menjadi nomor satu diantara situs e-commerce yang ada. Bahkan pada tahun 2019, Bukalapak meraih prestasi menjadi unicorn keempat di Indonesia selain Go-jek, Traveloka, dan Tokopedia. Alhasil, Bukalapak sebagai situs e-commerce yang didirikan oleh Achmad Zaky ini pun semakin dikenal luas secara internasional dan terus mendorong pemberdayaan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk dapat naik kelas dan berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional.

Kunci kesuksesan Bukalapak nantinya agar dapat menjadi sebuah kisah inspiratif bagi masyarakat luas maupun mahasiswa yang ingin mulai membangun bisnis startupnya. Mendirikan sebuah startup adalah impian dari semua founder, namun demikian tidak semua founder bisa berhasil mewujudkan mimpinya tersebut. Tidak sedikit yang harus terpaksa menyerah dengan segala tantangan, perubahan bahkan kendala yang ada. Karena itu, penting untuk membekali diri dengan niat yang kuat, mengeksekusi dengan kerja keras, berusaha menciptakan inovasi, dan memiliki tim kerja yang solid. (PUI, Where Innovation Grows)

Tags: DITPUI innovation academy UGM Science Techno Park webinar

Related Posts

TAM x UGM Science Techno Park

TAM x UGM Science Techno Park: Membangun Inovasi Melalui Kolaborasi dan Benchmarking

Berita Selasa, 20 Agustus 2024

PT. Toyota-Astra Motor (TAM), sebagai distributor utama merek Toyota di Indonesia, menunjukkan komitmennya dalam menghadapi tantangan bisnis yang dinamis dengan berupaya untuk terus berinovasi.

UGM Memperoleh Penghargaan Program Dana Padanan Tertinggi Kategori PTNBH Tahun 2024

Berita Selasa, 23 Juli 2024

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih prestasi gemilang dalam pengelolaan Program Dana Padanan (PDP) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Recap Innovation Insight & Expo Matching Fund 2022

Berita Senin, 16 Januari 2023

Dalam rangka menjembatani pengembangan dan penerapan IPTEK atau rekacipta yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan orientasi mendukung kebutuhan teknologi dan pengembangan di industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia meluncurkan program Matching Fund.

Sesi Webinar GAMA-Kids oleh Universitas Gadjah Mada pada Ritech Expo 2021

Ritech Expo 2021 : UGM Memperkenalkan Inovasi Alat Deteksi Stunting – GAMA-Kids

Berita Selasa, 23 November 2021

Pada 12 November 2021 lalu, UGM berpartisipasi di Ritech Expo 2021 dengan mengadakan webinar mengenai produk inovasinya.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada