Ide untuk memulai bisnis sering disertai dengan pertanyaan mengenai apakah produk maupun jasa yang dihasilkan akan diterima oleh pasar. Jika bisnis tidak berjalan seperti yang diharapkan, maka pertanyaan berikutnya yang akan muncul apakah ada kesalahan yang telah dilakukan selama menjalankan bisnis. Satu hal yang tidak boleh terlewat dalam mempersiapkan bisnis adalah melakukan riset mengenai pasar dan konsumen.
Digitalisasi mendorong pertumbuhan startup di Indonesia, sayangnya tidak banyak startup yang mencapai tahap sustain. Salah satu alasannya adalah tidak mengenal konsumen maupun market dengan baik. Tidak semua startup mengetahui bagaimana melakukan market research yang benar atau memahami kebutuhan pasar dan langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam melakukan approach kepada konsumen. Akibatnya, beberapa startup tersebut belum mampu mengembangkan bisnisnya secara optimal. Oleh karena itu, market research menjadi penting untuk bisa menyesuaikan dan menentukan strategi yang perlu dibuat agar perusahaan bisa bertahan dan berkembang.
Untuk sebuah bisnis startup, market research akan sangat membantu dan menentukan apakah bisnis yang dijalankan akan sukses atau tidak, karena market research tetap akan selalu berhubungan dengan apa yang pelanggan butuhkan. Market Research juga dapat menjadi faktor kunci yang digunakan dalam mempertahankan daya saing dibanding pesaing dan berguna dalam memberikan informasi penting untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar, ukuran pasar dan persaingan.
Startup memiliki opportunity menikmati sebuah kesuksesan yang lebih besar ketika mampu menguji dan melakukan validasi terhadap ide bisnisnya. Berbagai cara dapat ditempuh, salah satunya dengan berinteraksi dengan orang lain dan menanyakan sebuah pertanyaan yang tepat agar dapat mengetahui apakah ide bisnis yang dimiliki mampu menyelesaikan suatu problem. Risiko terbesar dalam mengembangkan sebuah produk adalah ketika mendesain suatu produk yang salah. Hal ini dapat menghabiskan effort dan waktu dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengetahui produk yang dikembangkan tidak akan sukses. Melakukan validasi dari sebuah produk tidak mudah, bahkan ketika berhasil melakukan validasi belum tentu ide tersebut dapat
menghasilkan income. Validasi merupakan langkah awal dari kesuksesan produk yang dikembangkan. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan output dimana startup dapat mempelajari mengenai bagaimana melakukan market research dan product validation dengan efektif serta dapat mengaplikasikannya pada bisnisnya masing-masing. (PUI, Where Innovation Grows)