• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Hiliriset
      • Hiliriset Ajakan industri
      • Hiliriset Dorongan Teknologi
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Hibah Pengembangan Inovasi
      • Startup Grant 2025
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Business Trip UGM-Mall

  • Berita
  • 28 Februari 2018, 03.37
  • Oleh : admin

UGM-Mall merupakan portal e-commerce yang berfokus memasarkan dan menjual produk-produk hasil riset dan inovasi dari Universitas Gadjah Mada. Portal tersebut dapat dikunjungi di ugm-mall.com. Dalam rangka mengembangkan UGM-Mall agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan sekaligus mampu menjadi portal e-commerce yang lebih berkembang pesat, maka UGM-Mall melakukan business trip pada hari Kamis (22/3) ke beberapa startup yang menggunakan platform serupa, seperti blanja.com dan Bukalapak.

 

Dalam kunjungan ke blanja.com yang berlokasi di Mulia Business Park Building Jakarta, tim UGM-Mall diterima oleh Ayu Lakhsmi Daeng Ugi selaku Public Relation and Community Engagement blanja.com. Ayu memaparkan bahwa blanja.com merupakan online market place yang bernaung dibawah PT Metra Plasa dan berdiri pada tahun 2012.

“PT Metra Plasa sendiri merupakan bagian dari Telkom Group dan mendapatkan support dari 118 BUMN,” ucap Ayu.

Ayu menyampaikan bahwa saat ini blanja.com telah melakukan joint venture dengan e-bay dan telah memiliki lebih dari 500 ribu produk UMKM dan UKM binaan BUMN yang difasilitasi oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Berbeda dengan blanja.com, Bukalapak merupakan online marketplace yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual – beli online  dengan model bisnis customer-to-customer (C2C). Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari C2C dimana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak menjelaskan bahwa para pelapak di Bukalapak sebanyak 2,3 juta yang tersebar dalam komunitas di 83 kota.

“Jumlah produk pelapak di platform Bukalapak saat ini, sebanyak 46 juta produk yang terdiri dari berbagai kategori produk,” ujar Fikri.

Business trip, dilanjutkan pada hari Jumat (24/3) ke mussy.co. Bertempat disalah satu café di Sarinah, Desty Rama Rumondang, Founder & CEO mussy.co menjelaskan bahwa mussy.co merupakan portal penyedia jasa sewa musisi, baik Solo maupun grup yang bertujuan mengembangkan potensi musisi-musisi lokal.

“mussy.co berdiri 1 tahun yang lalu. Saat ini kami telah bermitra dengan 1.500-an musisi dari berbagai genre di Indonesia dan 150-an klien yang kebanyakan dari hotel dan café. Market terbesar kami saat ini berada di Jakarta. ”, ujar Desty.

Selanjutnya pada hari Selasa (27/3), ugm-mall melanjutkan business trip ke Sale Stock. Rizky Anggara, Operation Analyst Sale Stock Yogyakarta menjelaskan bahwa Sale Stock merupakan e-commerce di industri fashion yang memanfaatkan teknologi sebagai core business-nya.

“Sale Stock berdiri pada tahun 2014 dan saat ini telah memiliki puluhan ribu produk. Beberapa Unique Selling Proposition-nya: bisa Cash On Delivery (COD), coba dulu baru bayar, harga jujur, 24 jam customer service dan bisa retur dalam 30 hari”, ujar Rizky.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Related Posts

Innovative Academy dan PT Gama Multi Usaha Mandiri Raih Penghargaan AIBI 2025 sebagai Inkubator Bisnis Unggulan

Berita Selasa, 21 Oktober 2025

Surakarta, 15 Oktober 2025 – Universitas Gadjah Mada kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional melalui dua unit penggerak inkubator inovasi yaitu Innovative Academy (IA) dan PT Gama Multi Usaha Mandiri (Gama Multi).

UGM Dorong Penguatan Ekosistem Startup di Yogyakarta melalui Yogyakarta Startup Ecosystem Workshop 2025

Berita Jumat, 17 Oktober 2025

Universitas Gadjah Mada melalui Innovative Academy bekerja sama dengan Garuda Spark Innovation Hub di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) dan dukungan Kemendiktisaintek dan Asian Development Bank (ADB) melalui Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technology Parks Project (PRIME SteP), menyelenggarakan kegiatan Yogyakarta Startup Ecosystem Workshop 2025 pada Rabu, 15 Oktober 2025 di dua lokasi yaitu Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa (GIK) UGM dan Entrepreneur Development Service (EDS) UGM.

Kegiatan ini menjadi upaya konkret UGM dalam memperkuat ekosistem startup di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dikenal sebagai pusat pendidikan, riset, dan kreativitas nasional.

UGM dan UTM Perkuat Sinergi Inovasi melalui Kunjungan Benchmark di GIK

Berita Kamis, 16 Oktober 2025

Yogyakarta, 10 Oktober 2025 — Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan dari Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengembangan Teknologi dan Produk Unggulan (PTPU) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM.

UGM dan BRIN Perkuat Kolaborasi Riset dan Hilirisasi Biodiversitas Tropis

Berita Kamis, 2 Oktober 2025

Yogyakarta, 1 Oktober 2025 – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkuat komitmen dalam penguatan riset dan hilirisasi biodiversitas tropis Indonesia melalui penandatanganan kesepakatan strategis dalam workshop “Pengelolaan Biodiversitas dan Penguatan HKI untuk Masa Depan Berkelanjutan: Sinergi UGM-BRIN”.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju