• Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sambutan
    • Struktur Organisasi
  • Program
    • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
      • Kawasan UGM STP
      • Program Layanan Hilirisasi Inovasi
      • Layanan TTO
    • Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
      • Layanan Pendampingan Badan Usaha UGM
    • Innovative Academy
    • Intellectual Property Management Office (IPMO)
  • Hibah/Grant
    • Program Dana Padanan 2025
    • Prime STeP
      • Applied Research Grant
      • Startup Grant
    • Portofolio MF and Prime Step
  • Produk
    • Agrokompleks Pangan
    • Art and Heritage
    • Alat Kesehatan dan Obat
    • MRTIK
  • Kerja Sama
    • Anak Usaha
    • Mitra
  • Berita
  • Kontak
  • Home
  • Berita

Business Trip UGM-Mall

  • Berita
  • 28 Februari 2018, 03.37
  • Oleh : admin

UGM-Mall merupakan portal e-commerce yang berfokus memasarkan dan menjual produk-produk hasil riset dan inovasi dari Universitas Gadjah Mada. Portal tersebut dapat dikunjungi di ugm-mall.com. Dalam rangka mengembangkan UGM-Mall agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan sekaligus mampu menjadi portal e-commerce yang lebih berkembang pesat, maka UGM-Mall melakukan business trip pada hari Kamis (22/3) ke beberapa startup yang menggunakan platform serupa, seperti blanja.com dan Bukalapak.

 

Dalam kunjungan ke blanja.com yang berlokasi di Mulia Business Park Building Jakarta, tim UGM-Mall diterima oleh Ayu Lakhsmi Daeng Ugi selaku Public Relation and Community Engagement blanja.com. Ayu memaparkan bahwa blanja.com merupakan online market place yang bernaung dibawah PT Metra Plasa dan berdiri pada tahun 2012.

“PT Metra Plasa sendiri merupakan bagian dari Telkom Group dan mendapatkan support dari 118 BUMN,” ucap Ayu.

Ayu menyampaikan bahwa saat ini blanja.com telah melakukan joint venture dengan e-bay dan telah memiliki lebih dari 500 ribu produk UMKM dan UKM binaan BUMN yang difasilitasi oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Berbeda dengan blanja.com, Bukalapak merupakan online marketplace yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual – beli online  dengan model bisnis customer-to-customer (C2C). Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari C2C dimana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak menjelaskan bahwa para pelapak di Bukalapak sebanyak 2,3 juta yang tersebar dalam komunitas di 83 kota.

“Jumlah produk pelapak di platform Bukalapak saat ini, sebanyak 46 juta produk yang terdiri dari berbagai kategori produk,” ujar Fikri.

Business trip, dilanjutkan pada hari Jumat (24/3) ke mussy.co. Bertempat disalah satu café di Sarinah, Desty Rama Rumondang, Founder & CEO mussy.co menjelaskan bahwa mussy.co merupakan portal penyedia jasa sewa musisi, baik Solo maupun grup yang bertujuan mengembangkan potensi musisi-musisi lokal.

“mussy.co berdiri 1 tahun yang lalu. Saat ini kami telah bermitra dengan 1.500-an musisi dari berbagai genre di Indonesia dan 150-an klien yang kebanyakan dari hotel dan café. Market terbesar kami saat ini berada di Jakarta. ”, ujar Desty.

Selanjutnya pada hari Selasa (27/3), ugm-mall melanjutkan business trip ke Sale Stock. Rizky Anggara, Operation Analyst Sale Stock Yogyakarta menjelaskan bahwa Sale Stock merupakan e-commerce di industri fashion yang memanfaatkan teknologi sebagai core business-nya.

“Sale Stock berdiri pada tahun 2014 dan saat ini telah memiliki puluhan ribu produk. Beberapa Unique Selling Proposition-nya: bisa Cash On Delivery (COD), coba dulu baru bayar, harga jujur, 24 jam customer service dan bisa retur dalam 30 hari”, ujar Rizky.

Related Posts

UGM dan MIT Dorong Produk Riset Sampai ke Tangan Masyarakat

Berita Senin, 2 Juni 2025

Universitas Gadjah Mada menjalin kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology, Regional Entrepreneurship Acceleration Program (MIT-REAP) dalam kerangka mendorong hilirisasi riset teknologi mendalam.

Road to PRIME STeP 2025: Kunjungan Dirjen Riset dan Pengembangan Kemendiktisaintek ke STP UGM

Berita Senin, 2 Juni 2025

Pada tanggal 27 Mei 2025, Dr. Fauzan Adziman, S.T., M.Eng., Direktur Jenderal Riset dan Pengembangan (Dirjen Risbang) Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemendiktisaintek), melakukan kunjungan ke Science Techno Park (STP) Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM Buka Kantor Pengelola Kekayaan Intelektual

Berita Kamis, 22 Mei 2025

Universitas Gadjah Mada terus mendorong para dosen dan peneliti untuk produktif dalam menghasilkan karya ilmiah dan produk inovasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan industri.

Startup Fumalife dan Angkut Ternak Bersinar di Meet The Investors #2: Kolaborasi UGM dan APKJ Membuka Peluang Baru

Berita Kamis, 22 Mei 2025

Pada tanggal 17-18 Mei 2025, kegiatan Meet The Investors #2 yang diselenggarakan di GIK UGM menjadi ajang bagi para startup untuk mempresentasikan ide dan produk mereka kepada para investor.

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pengembangan Usaha UGM

Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2,

Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp: +62274 5573 66

HP: +62 813-8268-8709

HP: +62 821-3766-4774

Email: ditpui@ugm.ac.id

Tentang Kami

Program

  • Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
  • Pengembangan Usaha
  • Innovative Academy
  • Intellectual Property Management Office (IPMO)

Hibah/Grant

  • Matching Fund Program
  • Prime STeP

Lain-Lain

  • Produk
  • Kerja Sama
  • Berita
  • Kontak

© 2023 Direktorat Pengembangan Usaha Universitas Gadjah Mada