- A. Persyaratan Umum:
1. Mahasiswa aktif UGM jenjang Diploma (Sekolah Vokasi)/Sarjana/Pascasarjana.
2. Minimal Mahasiswa semester 6 (enam) bagi jenjang Sarjana, semester 2 bagi jenjang Pascasarjana.
3. Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.
4. Tidak sedang/akan mengikuti magang, Program Merdeka Belajar Kampus
5. Merdeka (MBKM), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
6. Mampu bekerja secara individu dan tim.
7. Memiliki waktu minimal 4 jam/hari (5 hari kerja).
8. Bersedia bekerja dengan sistem kontrak 5 bulan.
9. Berpengalaman mengelola acara workshop, seminar dan sejenisnya.
10. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris pasif maupun aktif lebih disukai.
B. Persyaratan Khusus:
I. Subdirektorat: Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi
1. Posisi : Tim Asisten Bidang Pengembangan Produk & TTO
Kode Posisi : PP
Jumlah : 4 (empat) orang
Persyaratan Khusus :
a. Memiliki ketertarikan menjadi content creator (diutamakan yang memiliki pengalaman dibidangnya).
b. Mempunyai kemampuan desain grafis, editing video dan presentasi.
c. Mempunyai kemampuan menulis narasi.
d. Mempunyai kemampuan networking dan kemampuan komunikasi.
e. Memiliki pengalaman atau bersedia belajar dalam mengelola Website menggunakan
WordPress.
f. Memiliki ketertarikan pada proses pengembangan produk & teknologi transfer
g. Lebih disukai familiar dengan dasar-dasar HTML dan CSS.
h. Dapat bekerja secara daring atau luring sesuai kebutuhan.
Job Description :
a. Mengelola dan mengupdate website content www.ditpui.ugm.ac.id.
b. Membuat konsep konten platform sosial media UGM STP (Instagram, Website,
Linkedin, dan Youtube).
c. Membantu terselenggaranya kegiatan seremonial kerjasama UGM Science Techno
Park dengan mitra.
2. Posisi : Tim Asisten Bidang Inkubasi
Kode Posisi : Inkubasi
Jumlah : 2 (dua) orang
Persyaratan Khusus :
a. Berasal dari departemen atau program studi apapun
b. Memiliki kemampuan desain grafis dan presentasi (minimal platform Canva/Corel
b. Draw/Smartmockup)
c. Memiliki kemampuan dalam pengolahan data analisis bisnis, familiar atau memiliki
d. adaptasi tinggi untuk mempelajari/menyusun kelayakan usaha.
e. Memiliki minat dan kemauan belajar tinggi untuk mengoperasikan situs website
f. berbasis wordpress baik secara teknis maupun penyusunan artikel berita di
g. www.ditpui.ugm.ac.id
h. Menguasai operasi komputer Ms Excel, Ms Word, dan Ms PowerPoint, Googleslide,
i. Googledoc, Googlespreadsheet, terutama pengelolaan database seperti VLOOKUP,
j. HLOOKUP, INDIRECT, QUERY.
k. Tidak sedang Magang, KKN, Organisasi Mahasiswa dan aktivitas lain.
l. Sistem bekerja hybrid : dapat daring atau luring sesuai kebutuhan.
Job Description:
a. Menyusun dokumen analisis kelayakan usaha, analisis bisnis, analisis pasar, valuasi
secara periodikal.
b. Menyusun panduan hibah dan membantu penyelenggaraan hibah.
c. Membantu penyelenggaraan program-program inkubasi produk teknologi sehari-
hari.
d. Membantu menjadi kontributor pemberitaan kegiatan melalui situs website kelolaan
internal Direktorat Pengembangan Usaha dan tingkat nasional secara periodikal.
II. Subdirektorat: Pengelolaan dan Pembinaan Usaha
3. Posisi : Tim Asisten Bidang Akselerasi Inovasi & Perusahaan Pemula
Kode Posisi : Inovasi
Jumlah : 4 (empat) orang
Persyaratan Khusus :
a. Menguasai operasi komputer Ms Excel, Ms Word, dan Ms PowerPoint, Trello, Asana, Canva, Figma, Adobe Creative Family.
b. Mempunyai kemampuan desain grafis, editing video dan presentasi.
c. Mempunyai kemampuan networking dan kemampuan komunikasi.
d. Bersedia kerja sesuai dengan target.
e. Memiliki pengalaman dalam mengolah dan mengelola database.
f. Tidak sedang Magang, KKN, Organisasi Mahasiswa dan aktivitas lain.
g. Memiliki kemampuan menyusun berita publikasi dan mengelola konten sosial media.
Job Description:
a. Mengelola dan mengupdate database Startup.
b. Membantu terselenggaranya program inkubasi startup.
c. Mengkonsep konten sosial media Innovative Academy diantaranya Instagram,
b. Website, Linkedin, dan Youtube.
c. Membuat desain konten sosial media dan kegiatan-kegiatan Innovative Academy.
d. Melakukan kontak dan koordinasi dengan startup, mentor dan atau mitra Innovative
e. Academy UGM terkait program inkubasi startup.
f. Melakukan penjadwalan seleksi dan mentoring startup.
g. Mendampingi mentor dalam kegiatan inkubasi dan mentoring startup.
4. Posisi : Tim Asisten Bidang Pengelolaan Unit Usaha
Kode Posisi : PU
Jumlah : 2 (dua) orang
Persyaratan Khusus :
a. Mahasiswa dari jurusan Manajemen Konsentrasi Keuangan (1 orang) dan Jurusan
b. Akuntansi (1 orang).
c. Menguasai operasi komputer Ms Excel/Google Sheet, Ms Word/Google Docs, Ms
d. PowerPoint/Google Slides, dan Canva/Figma.
e. Memiliki kemampuan dalam memahami manajemen keuangan (IRR, NPV, dll.)
f. Diutamakan memiliki kemampuan dalam melakukan penilaian bisnis (business plan,
g. market size, feasibility study).
Job Description:
a. Membantu menyiapkan bahan/data yang diperlukan dalam pengelolaan Unit
Kegiatan Usaha Universitas Gadjah Mada.
b. Membantu menyiapkan bahan/data yang diperlukan untuk penyusunan laporan
bidang pengembangan usaha.
c. Membantu melakukan identifikasi, pembaruan, penginputan, dan/atau penstatusan
data di bidang pengembangan usaha pada website dan sosial media yang digunakan.
d. Membuat proyeksi bisnis, business plan, market size, dan feasibility study.
e. Membantu menjadi kontributor pemberitaan kegiatan Direktorat Pengembangan
Usaha.
C. Tahapan Proses Seleksi
I. Pendaftaran : 20 Januari – 28 Januari 2025
II. Seleksi Administrasi : 30 Januari 2025
III. Seleksi Wawancara : 31 Januari 2025
Surat lamaran ditujukan kepada:
Direktur Pengembangan Usaha
Universitas Gadjah Mada
Kantor Pusat UGM, Sayap Selatan, Lantai 2, Bulaksumur
Dengan dilampiri:
Surat lamaran dengan menyebutkan kode posisi yang diminati;
Curriculum vitae (CV) yang dilengkapi dengan foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar;
Transkrip nilai semester terakhir;
Fotokopi KTP dan KTM;
Portofolio yang sesuai dengan bidang yang dilamar, dapat berupa tautan video, desain, dan lain-lain.
Seluruh berkas diunggah melalui tautan http://ugm.id/RekrutmenParwakPU2025 selambatnya hari Selasa, 28 Januari 2025 pukul 16.00 WIB. Pelamar yang dinyatakan lolos administrasi akan diundang untuk mengikuti tes wawancara di Direktorat Pengembangan Usaha UGM pada tanggal yang ditentukan oleh panitia seleksi.